120922 ; SMTOWN Live in Jakarta (Part 1)

SMTOWN akan digelar di Jakarta.” Rasanya tidak percaya acara sekelas itu akan dihelat di Indonesia, tepatnya di Jakarta, mengingat kita bukan negara yang sering mengundang artis Asia terutama dari Korea Selatan. Dan Korean Wave dalam skala besar baru saja dimulai dalam kurun waktu 2-3 tahun. Sejak awal Allison tak ragu untuk datang menonton karena memang Allison menyukai mayoritas lagu-lagu dari artis-artis SMTOWN. Mungkin kalian berpikir, “ah, TVXQ ‘kan hanya menyanyikan sedikit lagu dibandingkan dengan artis lain. Untuk apa datang? Gak worth it.” Tapi coba pikirkan. Jika hal tersebut juga menjadi alasan 100 orang lain untuk tak datang, siapa yang akan mendukung TVXQ saat konser? Siapa yang akan menyemangati mereka dengan lightstick merah nanti? Meski hanya sedikit, kita harus menunjukkan diri saat TVXQ ada di sini. Tak peduli mereka hanya akan menyanyikan sedikit lagu atau banyak. Kita datang untuk TVXQ. And it’s all that matters :)

(Perlengkapan ‘perang’ Allison kemarin hihi)

Pada hari H, tanggal 22 September 2012, Allison bangun cukup pagi dan bersiap-siap. Di tempat Allison menginap terjadi kehebohan sekitar pukul 10 pagi karena sudah terjadi antrian panjang di gate masuk GBK untuk menukarkan tiket. Beberapa teman akhirnya pergi lebih dulu untuk menukarkan tiket sedangkan Allison dan teman-teman yang lain pergi untuk makan siang.

Pukul dua siang, Allison akhirnya pergi ke GBK untuk bersiap mengantri masuk. Antriannya teramat sangat panjang dan hari itu cuacanya jauh lebih panas dari biasanya (ada yang merasa juga?). Setelah menunggu sekitar satu setengah jam, akhirnya para penonton diizinkan masuk secara bertahap. Dan Allison mendapat posisi yang cukup strategis di depan.

Jika kalian memang juga menyukai beberapa artis SM Entertainment lain atau setidaknya familiar dengan lagu-lagunya, pasti kalian akan sangat menikmati konser ini. Semua artis menyanyikan lagu andalan mereka termasuk lagu yang tergolong classic dalam tiap grupnya. Seperti Don’t Don, Kissing You, dan Love Like Oxygen. Tata panggungnya juga bagus dan megah. Permainan kembang api dan airnya sangat bagus sekali. Benar-benar pertunjukan yang memanjakan mata dan telinga. Kostumnya juga sangat eye-candy. Yang disayangkan hanya kebanyakan artis memutuskan untuk lipsync. Padahal konser seharusnya menjadi unjuk kemampuan artis menyanyi live, bukan? Agak menjadi minus besar namun setidaknya mereka tampil dengan baik dan menarik.



Saat Changmin keluar untuk berduet dengan Kyuhyun dalam lagu Just The Way You Are, Allison tak begitu melihat karena saat itu dia berada jauh. Namun suaranya bagus sekali. Allison terpukau. Harmonisasi mereka berdua bagus. Dan fangirl yang diajak ke atas panggung bersama ChangKyu (ELF, dan ternyata dia kakak kelas teman Allison) terlihat sangat terharu. Dan dia sempat diusap pipinya oleh Changmin. Awww, iri!



Rasanya lama sekali menunggu TVXQ keluar untuk tampil. Saat itu beberapa Cassiopeia yang terlihat di Festival B juga sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Tapi saat Yunho keluar untuk dance battle, rasanya semua rasa lelah hilang dengan sendirinya. Yunho melompat dari kotak lidah panggung tengah dan berjalan ke panggung yang ada di tengah stadion. Semuanya bersorak sorai dan terpukau melihat sang Leadersshi melakukan gerakan dance khasnya diiringi lagu O -Jung. Ban. Hap-. Para Cassiopeia pun serempak melakukan fanchant. It was the best feeling ever to saw him dancing with your own eyes. His moves were so smooth and precise. Allison saat itu bahkan tak melihat layar lagi. Hanya melihat Yunho yang menari di kejauhan. He’s all I’ve imagined and so much more. Benar-benar The Dancing King.


Setelah beberapa lagu dari artis-artis lain, sekitar pukul sembilan malam lewat, TVXQ akhirnya keluar! Maximum adalah lagu pembuka penampilan TVXQ malam itu. Tampil dengan setelan putih, Yunho menyanyi dan menari dengan penuh semangat. Leader Jung was so badass. His movements were so fluid. Kalian yang menonton pada malam itu pasti tak akan percaya kalau dia sedang tak enak badan. Dia mengeksekusi semua tarian dengan baik dan mengajak penonton berinteraksi. Kami para Cassiopeia yang berdiri di Festival B meneriakkan fanchant. Dan section Cassiopeia di tribun 3B atas menyala merah membara dengan lightstick. It was the higlight of the night. Mereka hanya memenuhi satu kotak tapi rasanya semangat mereka beresonansi di seluruh stadion. Teriakan mereka membahana. Pada konser itu Cassiopeia hanya minoritas. Tapi saat itu satu stadion tahu betapa besarnya kekuatan kita.



Lalu Changmin keluar dan menyanyikan partnya dalam lagu Maximum. Shim Gorgeous Changmin. He was breathtaking in real life. Percaya gak kalo Allison bilang aslinya dan di layar itu berbeda? Layar pun tak bisa menangkap ketampanan Changmin dengan sempurna. Meskipun gerakannya tak sebaik Yunho, dia berhasil menarikan partnya dengan sangat amat baik. Mereka berdua tampil dengan segenap semangat juga terkoordinir dan Allison sangat amat terharu hingga tak bisa berhenti menangis. Mereka flawless. Tanpa cela.

Akhirnya penampilan Maximum selesai dan mereka memperkenalkan diri. “Annyeonghaseyo. Dong Bang Shin Ki imnida.” lalu dilanjutkan dengan sapaan dalam bahasa Indonesia. “Selamat malam. Kami Dong Bang Shin Ki.” Ya Tuhan, bahkan bahasa Indonesia mereka pun tanpa aksen dan terdengar lancar. Mereka berdua sangat tinggi dan tampan. Yunho memperkenalkan diri sambil terus melihat section Cassiopeia di tribun atas. Dia berkata sangat senang bisa datang ke Indonesia. Selanjutnya Changmin menyapa. Dia berkata di sini sangat menyenangkan meskipun agak panas. Mereka berjanji akan kembali lagi ke Indonesia (AMIN!). Lalu penampilan mereka pun dilanjutkan dengan Mirotic (full song! Benar-benar gak nyangka!) dan Keep Your Head Down. Another flawless performances. Saat Mirotic semua penonton serempak melakukan fanchant. Bahkan ada beberapa fanboys yang menari-nari mengikuti koreografi. Benar-benar lagu klasik yang membakar semangat. Sebelum reff terakhir lagu Keep Your Head Down, mereka berjalan ke panggung tengah dan ledakan kembang api pun menutup penampilan mereka.



Waktu terus berjalan dan mendekati saat-saat akhir konser. Allison sudah takut TVXQ tak akan tampil lagi. Tapi tiba-tiba intro Rising Sun mengalun dan semua mata langsung tertuju pada stage utama. TVXQ muncul dengan outfit hijau dan teriakan Changmin yang khas. Banyak yang bilang jika performance TVXQ dengan formasi duo saat menyanyikan Rising Sun dibandingkan dengan TVXQ formasi lima orang kurang begitu bagus dan harmonis. Tapi tunggu hingga kalian menyaksikan the real deal alias yang aslinya di depan mata kalian. It was mindblowing. Performance dengan dua orang saja sudah sebagus itu. Bagaimana jika berlima? Fanchant tak berhenti diteriakkan dari berbagai penjuru stadion mengiringi penampilan mereka. Sungguh penampilan tanpa cela dari awal hingga akhir dari Yunho dan Changmin beserta para dancers. Sungguh memukau. Changmin juga menyelipkan seringai khasnya di tengah lagu yang membuat para fangirl berteriak histeris. Solo dance Yunho di bagian akhir juga ditampilkan dengan penuh tenaga.

Akhirnya SMTOWN Jakarta selesai. Para artis keluar untuk berterimakasih dan melakukan last bow diiringi lagu penutup. Changmin berjalan bersama Donghae sedangkan Yunho terlihat bersama Siwon dan sempat disiramkan air oleh BoA. Saat membungkuk, Yunho dan Changmin benar-benar melakukannya dalam 90 derajat dan ditahan untuk beberapa lama. Lalu mereka langsung silam ke belakang panggung sambil melambaikan tangan.

Ada rasa bangga menonton penampilan mereka meskipun hanya beberapa lagu saja. Cassiopeia yang datang begitu kompak meskipun hanya sedikit. Lautan merah kita tak berhenti menyala. Fanchant kita tak berhenti diteriakkan. Beberapa fans dari artis lain mengungkapkan rasa kagumnya terhadap TVXQ. “Bagus ya.” “Their performance was so flawless.” “Itu siapa? TVXQ? Wah, aku mau cari lagu-lagunya.” “Gak nyangka biar cuma berdua, penampilan mereka bagus sekali.” Rasanya bangga bisa bilang mereka benar-benar performer yang hebat dan semua orang setuju karena memang ya, malam itu mereka benar-benar menunjukkan kelasnya.

as shared in ♕ DBSKCassIndo ♕

Advertisements

Author: Allison Nakamura

Tannya Aditya. Also known as Allison Nakamura of @DBSKCassIndo. Editor by weekdays, blogger on weekend. Quiescent misanthropist and sugoi motherfucker. 東方神起ファン. http://tohosync.flavors.me/

Comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s